Harapan tentang Rindu

Entah mengapa hari ini aku tiba-tiba saja mengingatnya, rasanya aku sangat merindukannya. Beliau yang saat itu berstatus sebagai dosen PTN dengan lantang menentang RUU BHP. Beliau yang selama saya kenal telah berjalan dengan tongkat. Beliau yang setiap pagi memimiliki solusi untuk masalah anak-anaknya yang tidak sempat dilebur malam. Beliau yang saat ini kurindukan untuk bercerita. Dialah Dr. Mansur Semma, dosen, ayah dan panutan bagi kami, bagi banyak orang.

Sebelumnya, aku menonton sebuah film korea yang entah apa judulnya. Yang kuingat dari film itu adalah konfliknya berupa perang kota dimana tentara membantai warga mereka sendiri karena dituduh sebagai pemberontak. Sebagian dari warganya dituduh mendukung Korea Merah, tetapi setiap orang dijalan tetap dibunuh. Bagi saya inti ceritanya tentang kebengisan tentara yang dibumbui oleh drama ala korea yang otentik punya.

Saya berfikir tentang struktur dalam masyarakat. Apakah komunitas ataupun sebuah institusi yang memiliki struktur hirarki dan homogen seperti itu selamanya akan mengandung bibit keburukan yang mengerikan didalamnya? Seorang tentara Korea itu digambarkan sangat baik, toh dia juga harus membunuh puluhan orang tak berdosa karena komandonya memang seperti itu. Jikapun kejahatan pemimpinnya diadili dikemudian hari, tetap saja tidak akan menghapus luka dan trauma bagi mereka terlanjur menjadi korban.

Saya bersyukur, saya menemukan seorang yang berbeda dengan cerita kebengisan tentara dalam film korea itu. Pak Mansur, melawan kekuatan raksasa yang bukan hanya pada skala universitas tempatnya mengabdi. Dengan lantang beliua meninggikan suaranya dihadapan para panitia pelaksanaan aturan dzalim itu tanpa ada vibra ketakutan dan keraguan disetiap intonasinya. Dia melawan arus raksasa yang sedang menggadaikan rakyat bangsa ini. Pak, aku sangat rindu untuk berbincang denganmu. Saat ini aku hanya bisa menuliskan note yang pendek ini yang kudendangkan keharibaanmu bersama Alfatihah yang kuucap dalam hati. Semoga semangat dan keberanianmu bisa menjangkau jiwa-jiwa kami yang telah kerdil dan penuh ketakutan.

dkDN

Kopi Kilo9

Leave a Reply

